Panduan Terlengkap Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Menarik

Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Menarik - Halo Idblogschool.com, Melanjutkan postingan yang kemarin tentang panduan lengkap bagaimana membuat blog, sekarang kita akan belajar bagaimana membuat artikel atau konten yang berkualitas dan SEO.

Cara Membuat Artikel Yang Baik

Kenapa harus berkualtias, karena tidak ada orang yang menyukai sesuatu yang receh receh tapi pasti ingin yang paling bagus. Simplenya gini, Anda disuruh milih 2 jenis HP dan satu HP Iphone terbaru dan satu lagi HP Mito, kira kira Anda pilih yang mana?

Sudah jelas Anda akan memilih Iphone terbaru kan? Ya seperti itu juga dalam hal kualitas konten atau artikel di blog. Kalau artikel atau konten Anda itu tidak menarik perhatian tentu saja orang akan pergi ketempat lain untuk mencari apa yang mereka inginkan.

Di internet ini ada begitu banyak konten yang tersebar secara gratis dengan beragam topik. Pernahkah Anda terfikirkan bahwa apa yang ingin Anda tulis itu tidak ada di google, tapi saat di cek ada ratusan artikel dengan topik yang sama.

Ya, Anda akan sangat sulit untuk menulis sesuatu yang memang belum ada di google. Jadi tulisan kita tidak original lagi dong? Tentu saja tidak, tulisan Anda tetap original walaupun topik yang Anda bawakan ada samanya dengan orang lain.

Yang membedakannya adalah seberapa berbobotnya isi konten tersebut, bagaiamana penyampaiaannya kepada pembaca, seberapa lebih unggulnya konten Anda dibandingkan dengan yang lain dan lain sebagainya.

Maka dari itu saya akan membantu atau memandu Anda dalam Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Menarik ini. Saya bukanlah seorang yang memang terlalu ahli dibidang penulisan, tapi ini adalah hasil research saya selama menjadi blogger.

Jadi disini keputusan ada pada diri Anda sendiri, ingin melanjutkan membaca atau stop disini. Saya tidak memaksa Anda untuk membaca tulisan seorang yang bukan ahli dibidangnya. Namun jika Anda ingin menlanjutkan membaca, mari masuk pada point pertama.

Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Menarik


1. Ketahui Siapa Pembaca Anda dan Apa Yang Mereka Inginkan


Jika Anda ingin membuat konten yang akan dibaca dan dibagikan orang lain, maka Anda perlu untuk mencari tahu terlebih dahulu siapa calon pembaca Anda.

Contoh, jika Anda membuat artikel atau content tentang cara menabung, mungkin pembacanya kebanyakan adalah mahasiswa. Jika Anda buat content bisnis, maka pembacanya juga dari kalangan dewasa dengan rentan usia 23-40 tahun.

Walaupun diatas saya menyebutkan rentan usia, namun Anda tidak perlu menargetkan pembaca blog Anda berdasarkan usia, jenis kelamin atau profil penghasilan mereka.

Namun , Anda dapat fokus pada tingkat pengetahuan mereka tentang suatu topik tertentu atau jenis masalah yang mereka hadapi di niche Anda. Contoh, Anda bahas blogger, maka tulisannya seputar cara membuat artikel yang baik dan menarik.

Ya yang seperti itulah, saya yakin Anda paham.

Bagaiamana untuk mencari data data tersebut?

  • Minta feedback pembaca melalui kolom komentar di blog ataupun media sosial Anda.
  • Mengirim survey ke email mereka (jika mereka berlangganan dengan blog Anda)
  • Lihat laporan google Analytics Anda

Jika Anda sudah mengetahui siapa audiens Anda, selanjutnya Anda bisa melakukan identifikasi tentang mereka dengan cara dibawah ini:
  • Apa / siapa yang mempengaruhi mereka?
  • Apa yang mereka inginkan ( tutorial yang terperinci kah, informasi dasar yang singkat kah, dll)
  • Pertanyaan apa yang diajukan pembaca Anda dan topik apa yang ingin mereka sampaikan?

Buat apa sih perlu tahu segala macam hal diatas?

Agar Anda lebih mudah untuk menentukan target pembaca dan menyesuaikan gaya penulisan content Anda dengan karatker pembaca. Dengan begitu content Anda lebih mudah tersampaikan maksudnya kepada pembaca.

2. Lakukan Research Sebelum Mulai Menulis Topik Anda


Seperti yang saya katakan sebelumnya bahwa di Internet ini ada jutaan artikel dengan topik yang sama. Sehingga Anda harus bisa melihat bagaimana persaingan di niche/topik yang sama dengan Anda. Seterusnya saya akan menggunakan kata niche karena lebih simple.

Research yang saya maksudkan disini adalah melihat jumlah persaingan di hasil pencarian dengan kata kunci (keyword) yang Anda targetkan.

Lalu bagaimana cara untuk melihat jumlah persaingan?


Ada dua tools yang bisa saya rekomendasikan dan memang saya gunakan untuk mencari dan menemukan keyword yang tepat untuk setiap konten saya. Kedua toosl tersebut adalah Google Keyword Planner dan juga Ubersuggest.

Yang pertama kita gunakan Ubersuggest


Silahkan Anda perhatikan statistik dari keyword artikel yang sedang Anda baca sekarang "Cara Membuat Artikel" Disini dijelaskan bahwa volume pencariannya sekitar 9900 dimana ini termasuk tinggi.

cara mencari keyword artikel

Sedangkan pada bagian SEO Difficulty nya hanya 16 yang sudah termasuk sangat gampang untuk masuk ke hasil pencarian google. Sedangkan pada bagian paid difficulty tidak perlu kita bahas karena itu orang orang yang membayar untuk masuk kehalaman pertama google (beriklan).

Pada bagian bawahnya lagi dijelaskan bahwa This keyword is easy to rank for. There is a 84% chance you can rank in the top 20. Maksudnya, dengan keyword ini Anda bisa masuk 20 besar hasil pencarian google dengan kemungkinanya mencapai 84%.

Selanjutnya kita lihat keyword ideas nya

Scroll kebagian bawah dan lihat table keyword ideas, yang berisi tentang volume pencariannya, cpc yang ditawarkan pada keyword ini dan juga jumlah persaingan di mesin pencarian. Untuk lebih lengkapnya lagi silahkan klik salah satu keyword maka tampilannya akan seperti dibawah ini

melihat persaingan keyword

Disini Anda bisa melihat siapa saja blog pesaing Anda dihasil pencarian, dalam keyword "cara membuat artikel" ini kita bersaing dengan ratusan blog lainnya dan 5 teratas yang menguasai keyword ini bisa Anda lihat pada bagian yang saya beri kotak merah.

Yang kedua kita gunakan Google Keyword Planner


Disini saya juga menggunakan keyword yang sama pada keyword planner dan hasilnya seperti dibawah ini. Tapi tidak perlu saya jelaskan panjang lebar karena memang pada dasarnya sama saja dengan ubersuggest.

cara mencari keyword


3. Membuat Judul Yang Menarik perhatian


Jika Anda sadar, membuat sebuah judul yang menarik itu sangat sulit. Bahkan bagi seorang yang sudah ahli pun akan butuh waktu untuk menentukan sebuah judul yang memang benar benar menarik perhatian calon pembaca.

Dari judul inilah orang akan menerka nerka "kira kira apa isi artikelnya". Jika dari judulnya saja orang sudah bisa tahu bagaimana isi contentnya tentu sudah jelas itu tidak menarik.

Tapi jika judul Anda menarik, maka orang akan kesulitan untuk menerka nerka apa isi dari artikel yang Anda tulis. Sehingga mereka akan penasaran dan membaca artikel Anda.

Silahkan lihat 2 judul dibawah ini, kira kira Anda lebih tertarik yang mana?

  1. Ingin Belanja Online Jelang Lebaran? Coba Yakinkan Dengan Ini!
  2. 5 Hal Yang Perlu Kamu Pastikan Sebelum Berbelanja Online Jelang Lebarang
Kira kira dari kedua judul diatas, mana yang lebih membuat Anda penasaran? Jika Anda sudah bisa menentukan mana yang lebih menarik, maka Anda sudah bisa tahu bagaimana cara untuk membuat judul.

Oke lanjut, setelah Anda melihat jumlah persaingan, sekarang Anda sudah bisa menentukan judul yang tepat untuk artikel atau konten Anda. Contohnya saya kumpulkan 3 keyword ideas pada point diatas dan seperti berikut ini

  • Cara Membuat Artikel, dengan rasio pencarian 9900.
  • Cara Membuat Artikel Yang Baik, dengan rasio pencarian 720.
  • Cara Membuat Artikel Yang Menarik, dengan rasio pencarian 390.

Dari ketiga suggest diatas maka saya simpulkan menjadi sebuah judul yaitu "Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Menarik" dan artikelnya pun sedang Anda baca saat ini. Itu artinya saya sudah berhasil melakukan research dan membuat judul.

Catatan:

Judul yang menarik itu bukan berarti Anda harus clickbait ya. Saya sama sekali tidak merekomendasikan Anda melakukan clickbait untuk penulisan artikel, ya sama sekali tidak saya sarankan.

Disini kita buat judul yang menarik perhatian, bukan judul yang menipu orang lain. Dari definisi clickbait saja sudah jelas click:klik bait:menipu, Apakah orang akan kembali lagi kepada blog Anda jika Anda menipu mereka? Renungkan!

4. Mulai Menulis Konten Pertama Anda


Setelah Anda mengetahui tahap-tahap diatas, sekarang saatnya Anda untuk membuat konten. Karena ini adalah konten pertama Anda, itu artinya ini awal proses Anda untuk mulai berkembang. Jangan membatasi diri Anda dengan standart diatas.

Anda dapat memanfaatkan postingan blog orang lain atau pesaing kita sebagai template umum dalam menulis. Tetapi jangan sampai hal tersebut membatasi Anda untuk menulis dengan gaya Anda sendiri.

Konten yang Anda buat harus memberikan lebih banyak lagi nilai dan detail dibandingkan blog pesaing yang Anda jadikan template. Intinya konten Anda harus lebih lengkap dari artikel yang sudah ada sebelumnya.

Jika Anda butuh memberikan data atau fakta kedalam tulisan Anda, maka Anda wajibb untuk memberikan sumber yang terpercaya dan dapat dibuktikan kebenarannya. Sedangnkan untuk SEO content atau aritkel yang Anda tulis dapat berasal dari Plugin Yoast yang ada di Wordpress.

Namun Anda tidak wajib juga untuk mengikuti semua kaidah kaidah SEO yang diberikan oleh yoast. Berikut ini beberapa Kaidah SEO yang bisa Anda terapkan pada SEO artikel Anda:

  1. Memberikan minimal satu internal link pada content
  2. Memberikan 1 outbound link
  3. Minimal panjang text adalah 300 ( Karena untuk memberikan content yang lengkap pasti butuh banyak kata)
  4. Menambahkan minimal 1 gambar dan wajib menggunakan image altt attributes
  5. Menambahkan setidaknya satu sub heading H2 dan H3-H6 untuk point penting lainnya.
  6. Link artikel mengandung minimal 50% dari keyword yang dituju

Itu beberapa kaidah SEO yang ada di Yoast, Namun tidak semua harus Anda ikuti jadi jangan terlalu fokus dengan hal itu. Fokus saja menulis apapun yang bermanfaat untuk pembaca blog Anda. Karena belum tentu dengan Yoast artikel Anda masuk halaman pertama.

Structure content yang baik yang bisa Anda terapkan adalah sebagai berikut

Menggunakan paragraph yang singkat yaitu antara 1 hingga 4 kalimat saja per-paragraph. Jadi Anda tidak perlu menuliskan 1 paragraph lebih dari 4 kalimat. Perlu Anda ingat, tulisan didalam buku atau novel itu berbeda dengan jenis tulisan yang Anda baca di Internet.

Dengan jumlah paragraph yang terlalu panjang akan membuat orang jengah untuk membacanya, saya rasa Anda juga akan malas bacanya kan? sudah tulisannya kecil, bikin sakit mata, dan lain lain lah.

Berikutnya gunakan subheading untuk mempertahankan point atau keyword utama Anda. Menggunakan subheading dapat membantu pembaca dalam memahami isi pada point tersebut.

Teknik SEO jadul menyarankan untuk memberikan bold, underline dan italic untuk penekanan kata, tapi menurut saya pribadi itu tidak terlalu berpengaruh. Karena jujur saja selama ini saya sangat jarang sekali menggunakan bold, italic, dan underline.

Tapi beberapa tulisan saya tetap saja nangkring dihasil pencarian google, jadi saya rasa itu tidak berpengaruh sama sekali pada SEO konten, namun hanya untuk beberikan penekanan kata saja.

5. Publish Artikel Dan Mulai Promosi


Setelah konten atau artikel Anda telah selesai dirangkai, selanjutnya tinggal di publikasikan. Jangan malu atau ragu dengan apa yang Anda tulis, jangan takut salah, jangan takut tidak bagus dan lain lain.

Namanya juga masih belajar, jika belum sempurna tentu saja tidak ada masalah. Semua butuh proses untuk dipelajari, teruslah menulis dan hasilkan karya karya baru Anda.

Setelah Anda publish, tentu saja belum ada yang membaca tulisan Anda, kenapa? karena tulisan Anda belum terindex mesin pencari google. Jadi bagaimana mengatasinya?

Salah satu cara ampuhnya adalah dengan menggunakan media social milik Anda untuk mempromosikan tulisan Anda. Silahkan bagikan ke semua media sosial Anda seperti Facebook, twitter, linkedin dan lain lain.

Atau Anda juga bisa meminta teman atau keluarga Anda untuk membaca tulisan Anda, minta pendapat mereka tentang tulisan tersebut. Kurangnya dimana, bagus atau tidak, jangan down jika mereka bilang tulisan Anda buruk.

Jadikan pemicu untuk terus berlatih memberikan tulisan yang elegan, menarik, informatif, bermanfaat dan berkualitas tinggi.

Jika Anda masih bingun bagaimana cara untuk promosi blog di media sosial terutama facebook, saya sudah pernah membahasnya di artikel dibawah ini silahkan langsung dibaca saja


Perlu di ingat, Anda tidak boleh melakukan tindakan share artikel atau blog Anda ke media social dengan membabi buta, dalam artian share sana sini secara terus menerus biar orang mau baca.

Tidak begitu caranya bro, dengan tindakan spam seperti itu malah akan merugikan Anda sendiri. Kerugian yang bisa Anda dapat adalah Anda tidak bisa lagi melakukan share ke media social karena di report oleh orang orang.

Conclusion


Itulah dia Panduan Terlengkap Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Menarik, Memang terkesan banyak sekali. Namun sebenarnya tidak serumit itu saat dilakukan, jadi jangan panik atau takut membuat tulisan Anda karena membaca ini.

Anda harus menggabungkan semua point diatas untuk bisa membuat artikel yang baik, menarik, SEO dan informatif bagi pembaca Anda.

So hanya itu yang bisa saya share pada tulisan kali ini, semoga dapat bermanfaat. Jika dalam tulisan ini terdapat kekurangan atau kesalahan, silahkan mengoreksinya pada kolom komentar dibawah.

Jika Anda suka dengan artikel ini, silahkan dibagikan kepada teman teman yang sedang butuh Panduan Terlengkap Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Menarik ini, Terima Kasih.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

2 Responses to "Panduan Terlengkap Cara Membuat Artikel Yang Baik Dan Menarik"

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel