7 Tips Cara Menjadi Blogger Yang Sukses Bagi Pemula

Cara Menjadi Blogger Yang Sukses Bagi Pemula - Halo Idblogschool.com, apa yang ingin Anda capai tahun ini dengan blog yang Anda kelola saat ini? Jika kesuksesan blogging adalah bagian dari impian Anda maka wajib untuk membaca ini.

Cara Menjadi Blogger Yang Sukses Bagi Pemula

Karena saya akan bagikan tips penting apa saja yang harus Anda lakukan untuk blog Anda agar bisa mencapai titik sukses. Setidaknya salah satu dari ide dibawah ini akan membantu Anda untuk meraih kesuksesan Blogging.

Cara Menjadi Blogger Yang Sukses Bagi Pemula


1. Menentukan Tujuan Blogging Yang Matang


Cara jadi blogger yang sukses pertama adalah Anda harus menentukan terlebih dahulu apa tujuan blogging Anda. Jika Anda tidak melakukannya saya rasa Anda akan kesulitan untuk terus berkembang dengan blog Anda.

Baca juga: 6 Keuntungan Menjadi Seorang Freelancer Yang Wajib Anda Tahu

Tujuan bisa berbentuk apa saja, seperti mendapatkan subscriber 10.000 subscriber, mendapatkan banyak client, meningkatkan pendapatan dan lain lain. asalkan konten Anda memiliki tujuan tertentu maka semua itu bisa Anda dapatkan dengan mudah.

Contohnya idblogschool.com, tujuan saya membangun blog ini adalah untuk membantu para blogger untuk bisa menghasilkan uang dari kegiatan blogging. Jadi fokus saya hanya berbagi konten seputar blogging untuk memecahkan masalah Anda.

Disini saya bagikan konten yang dapat membantu Anda untuk mengembangkan blog dan studi kasus, dan apa yang saya bagikan berdasarkan ilmu dan pengalaman saya selama kurang lebih 7 tahun menggeluti dunia blogging ini.

2. Investasikan Waktu Anda Dalam Bentuk Konten


Blogging itu ibarat berinvestasi di Internet, jika Anda hanya menanam 1 maka jangan berharap Anda mendapatkan 10. Jika Anda ingin mendapatkan lebih banyak, maka Anda harus menginvestasikan lebih banyak pula.

Apa yang harus saya investasikan?


Yang harus Anda investasikan adalah waktu dan tenaga Anda saat membuat konten blog.

Sayangnya untuk membuat konten yang memenuhi kebutuhan audiens itu tidak sebentar, melainkan butuh waktu yang cukup panjang. Itulah mengapa saya katakan Anda harus menginvestasi waktu dan tenaga Anda untuk membuat konten.

Investasikan waktu Anda untuk mencari dan menemukan ide untuk dijadikan sebuah konten yang menarik untuk audiens Anda. Kemudian Anda dapat menghabiskan waktu untuk mengatur dan menyusun konsep posting blog Anda.

3. Memperhatikan Perubahan Pada SEO


Search Engine Optimization (SEO) itu berubah ubah, jadi Anda harus mengikuti perubahan apa yang ada pada teknik SEO ini. Kenapa Anda harus mengikuti perubahan? Agar konten yang sudah susah payah Anda buat dan optimasi dapat terus ditemukan di hasil pencarian google.

Salah satu perubahan SEO yang ada saat ini adalah penggunaan voice search, pasti Anda tahu kan?

Keyword biasa mungkin tidak akan cocok untuk voice search, akibatnya keyword yang digunakan untuk SEO konten Anda harus ikut berubah dan sesuai dengan "ucapan natural" orang saat menggunakan voice search.

Baca juga: 6 Cara Menghasilkan Uang Ratusan Juta Dari Blog Untuk Pemula

Contohnya jika Anda buat judul "Bagaimana Menjadi Youtuber" terdengar baku untuk digunakan di voice search, jadi Anda bisa membuatnya lebih natural seperti "Gimana cara jadi youtuber" tentu saja lebih mudah di ucapkan.

Keyword Anda harus lebih banyak dan lebih banyak di mode bicara. Ini dapat menghasilkan frasa kata kunci yang lebih panjang dan penggunaan pertanyaan kalimat lengkap dalam konten Anda.

Jika Anda perhatikan, tahun lalu video mendominasi hasil pencarian google. Google secara aktif menampilkan video lebih tinggi dari konten blog di hasil pencarian, jadi pertimbangkan untuk menambahkan video ke posting blog Anda.

4. Buat Blog Anda Mobile Friendly


Sejak beberapa tahun kebelakang, mobile friendly sudah jadi perbincangan di kalangan blogger. Karena memang google lebih memprioritaskan konten yang ditampilkan di hasil pencarian adalah konten yang benar informatif dan dari blog yang mobile friendly.

Saat ini lebih banyak orang membaca blog Anda menggunakan smartphone yang mereka miliki, karena memang tidak repot harus buka laptop atau menyalakan komputer. Saya yakin Anda pun saat ini lebih sering membaca artikel di smartphone Anda.

Sebagai bagian dari strategi blog Anda, pertimbangkan bagaimana Anda dapat memastikan semua konten Anda siap untuk dikonsumsi pada perangkat seluler. Ini mungkin memberikan perhatian khusus pada konten dengan memanfaatkan heading, kutipan menarik, dan / atau video.

5. Coba Gunakan Konten Yang Panjang


Dengan bertumbuhnya dunia youtube, perhatian orang untuk membaca blog semakin menyusut dan itu membuat blogger sulit untuk menarik perhatian orang secara online. Tapi berbeda jika Anda membuat konten yang panjang.

Konten bentuk panjang dianggap lebih otoritatif, dan cenderung peringkat lebih baik di Google daripada konten yang lebih pendek. Namun untuk membuat konten dengan panjang 1000-3000 kata tentu saja butuh sumber daya yang lebih besar.

Namun hal tersebut juga dapat berarti konten Anda lebih besar peluangnya untuk terus ditemukan dan dibaca banyak orang atau biasa disebut konten evergreen yang artinya konten tersebut dapat digunakan dalam jangka waktu lama (1bulan-bertahun tahun).

Baca juga: Tips Menjadi Blogger Yang Sukses Dari Blogger Profesional Dunia

Tapi perlu Anda ingat bahwa, konten panjang belum tentu lebih baik dari konten yang pendek dan begitupun sebaliknya. Jadi lebih baik Anda menggunakan keduanya, saya sendiri menggunakan keduanya untuk mengembangkan blog ini.

Cobalah untuk memulai satu atau dua konten blog yang evergreen untuk bereksperimen dengan teknik ini.

6. Experimen Dengan Call To Action


Apakah Anda ingin benar benar sukses menjadi blogger? Jika iya maka Anda harus bisa membuat pembaca blog Anda untuk mengikuti permintaan Anda. Contohnya simplenya saja deh "Daftar Jadi Subscriber", mungkin itu tidak akan berhasil.

Tapi cobalah untuk memberikan "Dapatkan Ebook Gratis" dan saat mereka ingin download, maka harus memasukan email dan otomatis akan berlangganan dengan Anda. Memang itu terkesan memaksa, tapi ya begitulah caranya.

Pertimbangkan untuk membuat funnel content , sehingga Anda memiliki beberapa CTA potensial untuk konten Anda. Dengan begitu Anda dapat memastikan CTA selaras dengan konten dalam posting, membuat pembaca lebih mungkin untuk mengambil langkah selanjutnya.

7. Gunakan Format Lain Didalam Konten


Seperti yang sudah saya sebutkan sebelumnya, suara dan video untuk konten itu dapat berpengaruh terhadap blog post Anda. Pertimbangkan dengan cermat bagaimana Anda dapat memperluas konten blog Anda lebih lanjut.

Anda bisa memperluas konten Anda ke media lain seperti blog video di youtube, podcast, atau siaran langsung di media sosial seperti instagram, youtube dan lain sebagainya. Hal itu akan membantu konten Anda untuk menjangkau lebih banyak orang.

Penutup


Itulah dia 7 tips cara menjadi blogger yang sukses bagi pemula, Anda boleh mengukutinya dan boleh juta tidak. Silahkan pilih salah satu atau semua point diatas untuk Anda terapkan pada kebiasan blogging Anda.

Baca juga: 4 Cara Mudah Membuat Logo Blog Sendiri Online Gratis Tanpa Watermark

Oke saya rasa cukup sekian tips cara menjadi blogger sukes ini, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa untuk berlangganan dengan kami untuk mendapatkan update terbaru langsung di email Anda.

Jika Anda sudah dengan artikel ini, silahkan dibagikan kepada teman teman Anda agar memberikan lebih banyak manfaat, terima kasih.

0 Response to "7 Tips Cara Menjadi Blogger Yang Sukses Bagi Pemula"

Post a Comment