6 Keuntungan Menjadi Seorang Freelancer Yang Wajib Anda Tahu

Keuntungan Menjadi Seorang Freelancer - Halo Idblogschool.com, apakah Anda ada niatan atau saat ini sedang menjadi seorang freelancer? Jujur saja, menjadi freelancer itu tidak semudah yang Anda bayangkan.

Keuntungan Menjadi Seorang Frelancer

Mungkin Anda berfikir bahwa menjadi freelancer itu bisa menghasilkan uang dengan mudah hanya dengan modal internet, laptop, ataupun gadget yang Anda miliki. Tapi sebenarnya ada skill freelancer yang wajib Anda kuasai loh.

Namun dengan internet, menjadi freelancer bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan. Anda bisa bekerja freelance sehingga tidak perlu menjadi pekerja penuh waktu yang menghabiskan 8-9 jam hidupnya dengan berada dikantor.

Saat ini sudah sangat banyak sekali yang bisa dilakukan dengan media internet internet, misalnya saja menjadi youtuber, selebgram dan lain lain. Semua itu bisa dikerjakan dari rumah dan tentu saja menghasilkan.

Apakah Anda sudah siap untuk menjadi seorang freelancer? Sebaiknya simak terlebih dahulu Keuntungan Dan Kerugian Freelance berikut ini:

Keuntungan Menjadi Seorang Freelancer


Bila dilihat dari Wikipedia, freelance atau pekerja lepas adalah seseorang yang bekerja sendiri dan tidak berkomitmen kepada perusahaan atau tempat kerja dengan jangka panjang tertentu.

Melalui definisi tersebut saja kita sudah bisa melihat bahwa seorang freelance adalah tenaga “lepas” artinya tidak terikat. Jadi, tentunya banyak keuntungan dari bekerja lepas seperti ini.

1. Tidak Terikat Dengan Perusahaan Apapun


Teknologi modern memungkinkan Anda untuk menjalankan pekerjaan di mana saja tanpa repot. Dengan bantuan internet, laptop, dan aplikasi, kini menyelesaikan pekerjaan semudah membalikkan telapak tangan.

Kebebasan ini adalah salah satu keuntungan yang sangat jelas dari bekerja freelance. Anda tidak terikat jam kerja dan ruang kantor. Anda bebas!

Kebebasan ini dapat menjadi sebuah motivasi untuk bekerja lebih keras, karena kenyataannya jam kerja dan aturan yang membatasi Anda biasanya hanya menjadi pemicu kemalasan dan mengakibatkan pekerjaan tidak efektif.

Kebebasan ini juga sangat sesuai bagi mereka yang berjiwa kreatif, sehingga tidak cocok menjadi pekerja penuh waktu dengan segala aturan yang mengikatnya. Terkadang, kebebasan justru membuat seseorang lebih berpikir jernih dan kreatif.

Baca juga : Cara Membuat Blog Dan Mulai Menghasilkan Uang

2. Berpotensi Untuk Lebih Berkembang


Menjadi seorang freelancer merupakan cara mudah dan tercepat untuk meraih kesuksesan. Hal ini disebakan karena sistemnya juga sangat mendukung sehingga perkembangannya tumbuh secara eksponensial.

Salah satunya akibat adanya dukungan internet tadi, dimana ada beberapa manfaat yang muncul akibat adanya internet antara lain:

  1. Akses cepat ke lebih dari 40% populasi dunia pengguna internet.
  2. Biaya yang cenderung murah untuk membentuk website kelas dunia.
  3. Integrasi media sosial dan platform marketing yang baik dan praktis.
  4. Komunikasi dan feedback konsumen yang mudah dan cepat.
  5. Pengurangan biaya di berbagai aspek mengurangi risiko kegagalan.

Sehingga saat ini pasar atau ruang kerja sudah tidak terbatas lagi. Anda bisa bekerja di mana saja, melakukan telepon atau chat saat ada pertanyaan, bahkan melakukan meeting dengan bantuan video call.

Semuanya menjadi lebih mudah dan cepat, yang pastinya membantu perkembangan karier Anda.

3. Tidak Ada Bos


Salah satu yang saya sukai dari menjadi seorang freelancer adalah tidak ada atasan yang akan menekan Anda, melainkan Anda sendirilah yang menjadi bos untuk diri Anda sendiri.

Namun bukan berarti Anda bisa semaunya dalam melakukan pekerjaan menjadi freelancer, Anda tetap butuh jadwal kerja Anda sendiri agar tetap produktif. Beberapa tips untuk mengatur diri ini bisa membantu Anda:


  1. Memasang alarm untuk bangun tepat waktu,
  2. Membuat jadwal untuk menyelesaikan pekerjaan,
  3. Mendorong diri untuk mulai bekerja pada waktunya,
  4. Membatasi diri untuk bermain media sosial saat bekerja.


Apabila Anda gagal untuk menekankan disiplin pada diri sendiri di tengah-tengah kebebasan ini, maka Anda akan gagal menepati tenggat waktu dan Anda akan kehilangan kepercayaan dari klien.

Itulah kenapa setiap pekerjaan membutuhkan yang namanya disiplin, karena itu akan sangat berpengaruh terhadap kesuksesan Anda dalam menjalani bisnis atau pekerjaan sebagai seorang freelancer.

Baca juga: Buka Bukaan Rahasia Cara Menjadi Blogger Sukses Bagi Pemula

4. Networking Yang Luas


Dengan menjadi seorang freelancer, Anda akan bekerja untuk banyak klien atau perusahaan sekaligus. Dengan demikian, Anda memperoleh pengalaman jauh lebih banyak dibandingkan saat bekerja penuh waktu untuk satu perusahaan.

Selain meningkatkan kemampuan Anda dari waktu ke waktu, Anda juga akan memperoleh kesempatan networking yang lebih luas, karena Anda akan terus bertemu klien baru yang memungkinkan promosi dari mulut ke mulut.

5. Akses Tanpa Batas


Kelebihan dari internet adalah memungkinkan Anda untuk mengaksesnya setiap waktu alias 24/7. Sehingga saat Anda menjadi seorang freelancer maka Anda bisa melakukan pekerjaan dan mendapatkan uang kapan saja.

6. Mudah Untuk Disesuikan


Seperti yang saya sebutkan sebelumnya, menjadi seorang freelancer itu tidak ada ikatan pada suatu perusahaan dan tidak adanya atasan yang akan menghambat karir Anda. Sehingga Anda bisa bebas untuk mengambil beberapa pekerjaan sekaligus.

Jadi keunggulan utama dari freelance ini adalah Anda bisa mendapatkan penghasilan yang lebih besar daripada hanya bekerja dikantoran atau menjadi karyawan biasa.

Namun besar kecilnya penghasilan yang Anda dapat juga disesuaikan dengan skill dan kemampuan yang Anda miliki.

Itulah dia beberapa kelebihan menjadi seorang freelancer yang sudah saya rasakan sejak 2014 silam. Namun sekali lagi, tidak mudah untuk sukses jika tidak punya tekat yang kuat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "6 Keuntungan Menjadi Seorang Freelancer Yang Wajib Anda Tahu"

Post a Comment

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel