Cara Menulis Artikel SEO Friendly Dan Berkualitas Secara Konsisten

Cara Menulis Artikel SEO Friendly - Halo Idblogschool.com - untuk menjadi blogger yang sukses tentu saja banyak hal yang harus dilakukan, salah satunya adalah menulis artikel yang seo friendly dan berkualitas.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly

Bukan hanya berkualitas, namun Anda juga harus bisa menulis secara konsisten.

Dalam artian rutin publish artikel dengan rentan waktu tertentu. Semisal satu hari sekali, seminggu sekali, sebulan sekali dan lain sebagainya.

Maka dari itu, saya akan bagikan sedikit tips yang selama ini saya terapkan saat penulisan konten dan juga tetap bisa konsisten walaupun perasaan jenuh melanda Anda.

Berikut cara menulis artikel seo friendly dari Idblogschool.com.

Cara Menulis Artikel SEO Friendly Dan Berkualitas

Tidak hanya perihal SEO on page dan off page, tapi Anda juga harus bisa memberikan tulisan yang memang dibutuhkan oleh pembaca Anda (bukan artikel clickbait).

Jika dibandingkan dengan backlink, memberikan pengalaman yang berkesan kepada pembaca itu lebih penting. Hal tersebut biasa disebut dengan User Experience/UX, Google sendiri menyarankan hal tersebut.

Sebelum Anda mulai membuat artikel Anda, sebaiknya Anda memperhatikan beberapa point penting yang mempengaruhi User Experiences:
  1. Desain website yang profesional/tidak membuat mata jenuh
  2. Menggunakan navigasi yang mudah dipahami
  3. Menggunakan font yang pas agar enak dibaca
  4. Periksa artikel dari typo atau kesalahan pengetikan
  5. Loading website atau blog yang cepat
  6. Menggunakan template atau theme yang responsive dan mobile friendly.

Menulis Artikel Yang SEO Friendly

 

1. Mencari dan Menggunakan Kata Kunci yang Banyak di Cari

Langkah awal yang perlu Anda ambil sebelum menulis artikel di blog Anda harus mencari kata kunci atau keywords yang mungkin audiens Anda cari. Jadi, Anda harus memahami siapa audiens Anda dan yang membaca blog Anda.

Dengan cara ini, Anda dapat melihat kata kunci yang akan Anda target atau yang biasa ditulis dalam mesin pencari Google oleh audiens Anda.

Baca juga: 7 Tips Cara Menjadi Blogger Yang Sukses Bagi Pemula

Sesuaikan kata kunci yang Anda gunakan dalam artikel blog Anda menggunakan kata kunci yang mungkin akan digunakan audiens Anda. Jika Anda salah menggunakan kata kunci, Anda hanya akan membuang-buang waktu Anda.

Bagaimana cara menentukan kata kunci yang layak digunakan untuk artikel yang Anda tulis?

Anda dapat mengambil keuntungan dari rumus berikut untuk membuatnya lebih mudah untuk menentukan kelayakan kata kunci Anda:

Pastikan volume pencariannya tinggi (Minimal 1k-10k/month). Anda dapat menggunakan bantuan situs untuk mengetahui ukuran pencarian kata kunci seperti keyword planner ataupun tools lainnya.

Anda harus mengetahui atau setidaknya menebak nebak apa yang akan ditulis oleh orang di mesin telusur yang dikaitkan dengan kata kunci yang Anda targetkan. Contohnya "cara buat blog" "gimana cara jadi youtuber" dan lain lain.

Hal ini juga layak disebutkan bahwa, Anda memiliki sumber daya yang cukup dan data untuk membuat sebuah tandingan untuk menyaingi artikel yang muncul di halaman pertama dari hasil pencarian kata kunci


2. Gunakan Fokus Keyword dengan Benar


Bahkan jika Anda menggunakan focus keyword untuk mendapatkan peringkat tinggi dalam hasil penelusuran Google, itu tidak berarti bahwa Anda dapat sering menggunakannya atau bahkan secara berlebihan.

Menggunakan kata kunci dengan hiperfokus akan mengurangi kualitas artikel Anda.

Harus diingat bahwa Anda menulis artikel untuk dibaca oleh manusia, sehingga struktur menulis harus juga beradaptasi dengan logika manusia.


Namun, Anda juga harus memperhatikan SEO artikel ini karena itu akan mempengaruhi peringkat di hasil pencarian Google.

Apa yang dapat dilakukan untuk menjaga artikel yang Anda ketik tetap baik untuk mesin pencari, tetap enak untuk dibaca manusia dan tetap mendapat peringkat pertama dalam hasil pencarian Google?

Tulislah artikel yang sesuai dengan logika pembaca, dan pastikan itu akan menguntungkan mereka. Ketika Anda selesai menulis artikel, membacanya lagi dari awal sampai akhir dengan perspektif mesin pencari.


Anda harus memberikan prioritas kepada pembaca perspektif karena pembaca artikel Anda pada akhirnya adalah manusia, bukan mesin.

3. Gunakan Link Internal dan Eksternal


Kadang artikel diposting di Internet perlu ditulis dengan menggunakan link, baik link internal dan eksternal link. Fungsi link dalam artikel ini adalah untuk memberikan penjelasan tambahan kepada pembaca mengenai topik utama artikel.

Link internal adalah link yang merujuk ke sebuah artikel di blog Anda. Sementara link eksternal adalah link yang merujuk ke situs yang tidak blog Anda. Mereka berdua memiliki pekerjaan khusus.

Link eksternal sering merujuk ke situs web atau blog lain yang digunakan sebagai landasan dari sebuah pernyataan yang Anda ketik. Hal ini biasanya hasil penelitian, statistik, kutipan atau referensi dari media lain.

Internal link yang digunakan untuk memungkinkan pembaca untuk mengeksplorasi artikel lain di blog Anda.


Dengan pembaca tidak hanya membaca artikel utama, tetapi juga membaca artikel lain akan meningkatkan waktu yang dihabiskan di blog Anda.

Selain itu, menggunakan link internal ini membantu Google memahami topik fokus di blog yang Anda jalankan.

Contoh link internal silahkan lihat blockquotes dibawah ini:


Baca juga: cara membuat blog dan menghasilkan uang

Di sisi lain, link eksternal meyakinkan pembaca bahwa Anda telah mencari artikel. Menempatkan link dari situs lain di blog Anda dapat membantu meningkatkan peringkat situs.


Selain itu, juga menunjukkan bahwa Anda berdedikasi untuk memberikan pemahaman yang terbaik untuk pembaca Anda, bahkan jika Anda harus memberikan pembaca ke situs lain.

4.  Lihat Elemen Penting Dalam Blog


Komponen artikel di blog tidak hanya terdiri dari frase dan paragraf, tetapi juga melibatkan beberapa komponen teknis lainnya seperti url, judul blog dan penggunaan heading (H1 pada judul dan H2-H6 pada bagian isi tulisan).

Jika Anda ingin artikel Anda muncul di halaman pertama hasil pencarian Google, Anda juga harus memperhatikan komponen blog yang saya katakan sebelumnya.

Mari kita bahas komponen pertama, yang merupakan URL. Biasanya, sistem secara otomatis memasuki URL Artikel sebagai berikut: https://www.idblogschool.com/cara-menulis-artikel-seo-friendly-dan-berkualitas-secara-konsisten.

Sangat panjang, bukan? Semakin banyak URL tentu tidak lebih baik dari yang singkat. Anda dapat mempersingkat untuk menjadi seperti ini: https://www.idblogschool.com/cara-menulis-artikel-seo-friendly.

Kemudian, buat judul artikel yang menarik dan ringkas, namun Anda dapat mengilustrasikan garis besar konten artikel. Judul artikel harus berisi focus keyword utama di awal, semakin baik jika fokus keyword berada pada awal judul.

Setelah Anda mengkonfirmasi bahwa kata kunci memiliki fokus pada judul, Anda juga harus memastikan bahwa fokus kata kunci sudah berada di salah satu header artikel. Namun, sekali lagi, jangan melebih-lebihkan penggunaanya.

5. Pengoptimalan Gambar 


Menyisipkan gambar dalam artikel ini adalah langkah yang baik untuk mencegah pembaca mulai bosan, terutama jika artikel panjang. Namun, ada beberapa rincian yang harus diingat agar gambar artikel Anda bekerja secara optimal.

Pertama, sebelum mengunggah gambar, pastikan untuk mengunduh nama file gambar sesuai dengan kata fokus utama yang Anda gunakan. Ini akan memudahkan Google untuk mempersonalisasi gambar dengan item yang didownload.

Kedua, teks alternatif dari gambar juga harus diketik sesuai dengan kata fokus utama yang digunakan.


Fungsinya adalah untuk memungkinkan mesin pencari untuk mendeteksi apa gambar dan teks surround itu. Juga, jika Anda menemukan gambar kesalahan beban, teks alternatif ini muncul.

Ketiga, Anda juga harus mengoptimalkan gambar dengan meminimalkan file ukuran gambar untuk halaman download lebih cepat. Ada banyak layanan yang memberikan gambar kompresi tanpa mengurangi kualitas gambar.


Penutup


Itulah dia beberapa tips untuk cara menulis artikel SEO Friendly yang dapat Anda terapkan. Lakukan dengan konsisten (seperti menulis secara rutin) untuk mendapatkan hasil yang maksimal bagi blog Anda.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Menulis Artikel SEO Friendly Dan Berkualitas Secara Konsisten"

Post a Comment