Ciri Ciri Kecanduan Game Online, Awas Fungsi Otakmu Berubah!

Ciri Ciri Kecanduan Game Online - Halo Idblogschool.com, saat ini bermain games adalah salah satu kegiatan paling populer, tidak hanya untuk kalangan remaja tetapi juga untuk orang dewasa.
Ciri Ciri Kecanduan Game Online

Tapi di luar kegembiraan yang ditawarkan oleh game, tampaknya game memiliki efek buruk pada kesehatan manusia, apakah Anda sudah tahu?

Baca juga: Bukan Hanya PUBG, Game Ini Juga Diharamkan Di Aceh

Belum lama ini, di medsos tersebar luas gambar seorang pemuda yang diduga kecanduan game online, jadi dia terus menggerakkan jari-jarinya layaknya seorang yang sedang bermain games.

Pria muda, yang akrab di panggil Wawan tersebut tidak bisa berhenti menggerakkan jari-jarinya dengan posisi kepala yang selalu melihat ke bawah seolah-olah dia sedang memainkan permainan.

Namun, berita yang muncul di media sosial akhirnya dibantah oleh perawat Wawan, ia mengatakan dia tidak sakit kecanduan game online seperti yang dikabarkan, tetapi dia menderita skizofrenia.

Apa sebenarnya ciri ciri orang yang kecanduan game online? Berikut Idblogschool sudah merangkum beberapa cirinya.

Ciri Ciri Kecanduan Game Online


Secara umum, alasan seseorang memainkan permainan adalah untuk sekedar hiburan atau menghilangkan stres dan mengisi waktu luangnya, yang berarti bahwa itu dimainkan hanya pada waktu-waktu tertentu dan durasi yang singkat.

Namun nyatanya, game-game tersebut sekarang dimainkan untuk waktu yang lama, sehingga mengganggu aktifitas utama.

1. Bermain Game dengan Durasi yang Lama


Seperti yang disebutkan sebelumnya, permainan harus dilakukan secara ideal hanya untuk waktu yang singkat, karena itu hanya kegiatan rekreasi atau hiburan semata.

Permainan dapat dikatakan dalam batas wajar jika dimainkan dalam satu atau dua jam sehari atau hanya pada akhir pekan dimana hari tersebut tidak ada aktifitas yang perlu dilakukan.

Tetapi orang-orang yang memiliki gejala kecanduan game online biasanya dapat menghabiskan 10 hingga 14 jam sehari hanya untuk bermain game.

Kecanduan game online sering kali dimulai pada saat anak-anak dan menjadi lebih buruk ketika mereka remaja karena orang seusia ini menghabiskan lebih banyak waktu dengan dunia maya di ponsel.

2. Tidak Mengutamakan yang Lebih Penting


Seseorang yang kecanduan game online, biasanya hanya memikirkan game di otaknya untuk bagaimana cara untuk menghabiskan lebih banyak waktu bermain.

Bahkan, karena kecanduannya sudah ditahap sangat parah, banyak orang yang menderita penyakit ini akhirnya kehilangan minat mereka dalam kegiatan yang lebih penting seperti sekolah atau pekerjaan.

Mereka sering meninggalkan sekolah lebih awal, meninggalkan pekerjaan untuk bermain games dan lain sebagainya.

3. Emosi yang Tidak Stabil


Orang yang sudah kecanduan game online, akan sangat mudah untuk mengalami perubahan suasana hati ketika mereka tidak bisa melakukan aktifitas bermain games yang mereka sukai.

Yang saya maksud adalah ketika mereka tidak bisa bermain karena ponsel mereka disita oleh guru/orang tua, ketika ditempat kerja yang membatasi penggunaan ponsel dan lain lain.

Batasan batasan tersebut membuat penderita yang mengalami kecanduan game online ini akan menjadi moody atau perubahan suasana hati yang cepat, mudah tersinggung, marah, bahkan dapat menyakiti orang lain yang ada disekitarnya atau diri sendiri.

4. Berat Badan yang Berubah


Saat seseorang sudah pada tahap yang parah, biasanya akan berpengaruh kepada kesehatan penderitanya. Yang paling mudah dijumpai adalah perubahan pada berat badan penderita.

Hal tersebut terjadi karena saat bermain pasti akan lupa makan, selalu bergadang, duduk terlalu lama dan lain sebagainya.

Namun dalam beberapa kasus, penderita kecanduan game online juga bisa kelebihan berat badan karena kurang olahraga dan makan makanan yang berkalori tinggi.

Baca juga: Aplikasi Untuk Merubah Wajah Menjadi Terlihat Tua

5. Pola Tidur yang Berubah


Seperti yang sudah saya singgung pada point ke empat, orang yang kecanduan game online seringkali membalikkan pola tidur mereka, dari pagi ke malam dan sebaliknya.

Mereka biasanya bermain game sementara orang "normal" tidur dan tidur sementara yang lain melakukan kegiatan seperti bekerja atau sekolah.

Ini juga alasan mengapa pecandu game online sering kali keluar dari sekolah dan pekerjaan.

Selain itu, pola tidur seperti ini menyebabkan pasien menderita kekurangan vitamin D karena mereka jarang terkena sinar matahari.

6. Kehilangan minat di dunia "nyata"


Seseorang yang kecanduan game online umumnya akan kehilangan minat pada dunia luar yang nyata dan biasanya akan menarik diri dari kegiatan sosial.

Merasa lebih nyaman menghabiskan waktu mereka bermain game daripada berkomunikasi dengan teman atau keluarga.

Hal tersebut terjadi karena beberapa games saat ini sudah mendukung multiplayer, yang artinya bisa bermamin bersama dengan orang lain.

Ketika mereka menemukan teman bermain yang cocok di games tersebut, mereka akan kehilangan minat untuk berkomunikasi dengan orang-orang di dunia "nyata".

7. Hanya Memikirkan Games Setiap Hari


Ciri ciri kecanduan game online berikutnya adalah, penderita akan selalu berpikiran tentang bermain, bagaimana agar bisa bermain, bagaimana agar bisa menang dan lain sebagainya.

Jadi sepanjang hari terus memikirkan tentang game, tidak memikirkan hal lain seperti menyelesaikan pekerjaan, tugas sekolah, dan pekerjaan di dunia nyata lainnya.

8. Sulit untuk berhenti bermain.


Seperti narkoba yang membuat pengguna kecanduan, orang yang menderita kecanduan game online juga merasa kesulitan untuk berhenti bermain.

Mereka akan terlalu menggantungkan kebahagiannya ke dalam permainan sampai sulit untuk berhenti bermain.

Apalagi dizaman seperti ini, banyak sekali games yang membuat penggunanya kecanduan sehingga semakin memperburuk keadaan.

Penutup


Itulah dia beberapa Ciri Ciri Kecanduan Game Online, apakah Anda salah satu penderitanya?

Tidak ada yang salah dengan bermain games, namun perlu diperhatikan durasi dan fungsi utama dari games tersebut.

Jangan sampai bermain games menghalangi produktifitas Anda didunia nyata. Bahkan seorang pro player saja tidak semaniak itu saat bermain, mereka juga memperhatikan kesehatan mereka.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel