Tuesday, July 2, 2019

Bukan Hanya PUBG, Game Ini Juga Diharamkan Di Aceh

Game yang di Haramkan di Aceh - Halo idblogschool.com, Aceh adalah sebuah pulau di ujung barat Indonesia yang terkenal dengan keindahan alamnya. Selain itu, daerah indah ini juga tak tersentuh oleh penjajah.

Game yang di Haramkan di Aceh

Aceh atau yang sering disebut sebagai Serambi Mekah ini juga memiliki keistimewaan khusus, yaitu diberikan hak untuk menentukan aturannya sendiri, asalkan tidak bertentangan dengan Pancasila dan Konstitusi.

Oleh karena itu, Syariah Islam diterapkan di tanah Rencong ini.

Baca juga: Banyak Adegan Jorok, 7 Film Hollywood ini Dilarang Tayang di Indonesia

Termasuk untuk urusan game juga sudah diatur, Kali ini Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) telah secara resmi mengeluarkan fatwa bahwa PUBG diharamkan di Aceh melalui sidang pada 17-19 Juni lalu.

Selain fatwa ini, banyak orang yang bertanya-tanya tentang kategori permainan yang dilarang di ACEH? Akankah hukuman cambuk diterapkan pada pemain yang tertangkap?

Mengutip Liputan6.com, isu hukuman cambuk ini pertama kali digaungkan oleh Dinas Syariat Islam (DSI) Kota Langsa yang ingin menerapkan uqubat (hukuman) cambuk bagi para pemain PUBG dan sejenisnya.

Namun, sampai sekarang keputusan untuk menjatuhkan hukuman cambuk untuk pemain PUBG belum direalisasikan oleh MPU Aceh. Oke, berikut ini beberapa game yang dilarang untuk dimainkan di Aceh.

Daftar Game yang Dilarang di Aceh


1. Player Unknown's Battlegrounds


Pertama ada game perang yang brutal,sadis dan permainan kekerasan, misalnya menunjukkan senjata, darah dan kematian di dalamnya.

MPU ACEH menganggap bahwa permainan dengan tema ini dapat mengubah perilaku pemain menjadi negatif, seperti timbulnya kata-kata kasar dan membuat ketagihan.

Contoh yang jelas tentang permainan dengan standar ini termasuk Player Unknown's Battlegrounds, PUBG Mobile, Free Fire, Counter-Strike, dan game bertema perang lainnya.

2. Mobile Legend Bang Bang


Game yang populer di mainkan di Indonesia ini juga diberi label haram untuk daerah Aceh. Game ini dianggap mengandung unsur por**grafi. Bisa ditampilkan secara implisit atau sekilas dan tidak ditunjukan secara fulgar/terang terangan.

Baca juga: Buka Kunci HP Pacar Dengan Menggunakan Bluetooth

Untuk game yang bertema MOBA seperti Mobile Legend atau Arena of Valor dan lain sebagainya memang selalu memberikan gambaran karakter yang menggunakan pakaian terbuka.

Biasanya akan menampilkan karakter hero wanita yang menggunakan pakaian yang sangat terbuka dan menampilkan bagian tubuhnya sehingga dianggap bisa merangsang si pemain.

3. Game yang Bernuansa Islamophobia atau Menghina Islam


Salah satu game yang pernah di menuai kontroversi adalah battle royale, karena menampilkan item yang mirip dengan Ka'bah dan dijadikan sebagai sasaran tembak.

Game yang bernuansa kebencian pada islam atau Islamophobia dianggap menghina Islam, hal serupa yang pernah terjadi pada game PUBG.

Selain game game diatas, ada beberapa lagi game yang diberi label haram, yaitu sebagai berikut.

Game lain yang diberi label haram


No Nama Game
1 Free Fire
2 Lord Mobile: Batlle of Empire
3 Clash of Kings
4 Rise of Kingdoms
5 Lineage 2 Revolution
6 Ragnarok M: Eternal Love
7 Crisis Action
8 Modern Combat 5: Blackout
9 Call of Duty: Heroes
10 Blitz Brigade
11 Point Blank
11 FinalShot


Penutup


Bagaimana Anda menanggapi keputusan MPU Aceh untuk menempatkan label haram pada PUBG Mobile, Mobile Legend, Free Fire dan permainan gratis lainnya? Jangan ragu untuk memberikan umpan balik Anda di bawah ini.

No comments:

Post a Comment