Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru dan Penyebabnya

Cara Mengatasi Laptop Lemot - Halo idblogschool.com, Saat ini, banyak orang meninggalkan komputer atau desktop pribadi mereka dan mulai beralih ke laptop yang lebih praktis dan ringkas.

Cara Mengatasi Laptop Lemot

Namun, laptop juga tidak bebas dari banyak masalah. Salah satunya adalah laptop yang lambat setelah digunakan dalam waktu lama.

Apakah Anda ingin mempertahankan kinerja akselerasi laptop Anda? Nah, di artikel ini, kami mengulas alasan laptop lambat dan cara mengatasi laptop lambat yang bisa Anda praktikkan dengan mudah.

Penyebab Laptop Menjadi Lemot Saat Digunakan


Ada banyak faktor yang menyebabkan laptop melambat, bahkan ketika mereka tidak melakukan aktivitas.

Sebelum membahas cara mengatasinya, ada baiknya Anda mengetahui akar masalah yang ditinjau pada poin-poin berikut.

  1. Ada banyak program startup, juga dikenal sebagai software, yang berjalan di latar belakang secara otomatis ketika Anda memulai laptop Anda. Semakin banyak program, semakin lambat laptop melakukan booting.
  2. Hard drive terlalu tua. Jenis hard drive yang lebih tua tentu akan mempengaruhi kinerja laptop secara keseluruhan.
  3. Harddisk penuh dengan data pengguna. Seorang pakar bahkan mengatakan bahwa hard drive penuh hingga 95% akan memperlambat laptop hingga 50%.
  4. Kapasitas RAM sangat kecil, karena laptop yang terjangkau, RAM terbesar yang digunakan adalah sekitar 2-4 GB.
  5. Menjalankan terlalu banyak program pada saat yang sama merupakan hambatan pada kinerja RAM. Terutama jika program multitasking berat seperti Photoshop dan Premiere, misalnya, dalam 4 GB RAM.
  6. Browser dengan banyak adds-ons yang diinstal, seperti Internet Download Manager, AdBlocker, dan lainnya. Tanpa disadari, browser membebani laptop dan memperlambatnya saat menjelajah.
  7. Membuka banyak tap browser. Ini juga cukup untuk menguras RAM laptop, terutama jika lokasi yang dibuka memiliki fungsi pembaruan otomatis.
  8. Laptop diserang virus yang dapat memperlambat atau merusak laptop Anda. Karena itu, Anda harus memikirkan banyak file yang mencurigakan, baik online maupun offline.
  9. Antivirus sangat aktif. Meskipun program ini efektif dalam menghilangkan virus, perangkat lunak anti-virus yang berjalan di latar belakang akan memperlambat kinerja hard drive dan laptop Anda.
  10. Pembaruan untuk sistem operasi jarang dilakukan untuk pengguna Windows dan MacOS. Karena tidak jarang memperbarui sistem operasi Anda, kekurangan yang membuat laptop Anda lambat.

 

Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru


Cara mengatasi laptop lemot ini sangat bermanfaat untuk pengguna OS Windows seperti Windows 7,9 dan juga 10.

Lalu bagaimana cara mengatasi agar laptop Anda tidak lemot lagi? Silahkan lakukan beberapa hal dibawah ini.

1. Mengganti Harddisk (HDD) dengan SSD


Jika masalah ternyata berasal dari Harddisk (HDD), langkah pertama yang dapat Anda ambil adalah melakukan proses defragmentasi untuk memperbarui kinerja.

Jika metode ini belum efektif, Anda juga dapat mengubahnya ke hard drive yang lebih baru atau menggunakan solid state drive (SSD) dengan kinerja lebih cepat.

Baca juga: 5 Rekomendasi Monitor Gaming Terbaik Murah

Perbedaan antara hard drive dan solid state drive, selain kinerjanya, pasti akan membuat proses boot lebih cepat dan lebih responsif.

Disarankan untuk menggunakan SSD hanya untuk memuat sistem operasi, karena ukurannya relatif kecil dan harganya cukup mahal dibandingkan dengan disk HDD.

2. Perbarui kapasitas RAM


Selain memperbarui Harddisk Anda, Anda juga dapat menambahkan RAM ke laptop Anda.

Secara umum, produsen laptop akan melengkapi laptop mereka dengan kapasitas RAM 2 hingga 4 GB. Meski menjalankan program sekarang membutuhkan setidaknya 8 GB RAM, geng.

Di sini Anda dapat menambahkan RAM ke slot yang tersedia. Tetapi sebelum itu, periksa jenis RAM (DIMM atau SODIMM), kapasitas dan kecepatan.

3. Lakukan pemeliharaan perangkat keras rutin


Banyak orang terkadang melupakan hal penting ini, geng.

Ternyata agar kinerja laptop terus berakselerasi, dari waktu ke waktu, pemeliharaan perangkat keras harus dilakukan. Setidaknya Anda harus melakukan ini setidaknya setahun sekali.

Bersihkan dari kipas, motherboard, hingga pasta termal diganti dalam prosesor laptop.

4. Gunakan aksesori pendukung laptop


Laptop bersuhu tinggi juga memengaruhi kinerja dan performanya. Di sini Anda dapat menambahkan aksesori seperti bantalan pendingin atau kipas tambahan untuk menjaga suhu laptop Anda.

Baca juga: Laptop Untuk Mahasiswa: Spesifikasi dan Harga Mulai 2 jutaan

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan cooler vakum yang juga bisa menghirup udara panas, yang juga membuat laptop Anda tetap dingin.

5. Lakukan pemindaian penuh dengan perangkat lunak antivirus


Oleh karena itu, hal paling umum yang menyebabkan laptop lambat adalah virus dan malware.

Virus umumnya akan membuat laptop Anda berkinerja lebih, sehingga Anda akan merasa lambat saat menggunakannya. Solusi untuk masalah ini, tentu saja, perangkat lunak antivirus terbaik.

Banyak rekomendasi antivirus dapat digunakan untuk laptop. Idblogschool juga merekomendasikan pemindaian penuh secara rutin setidaknya sekali seminggu.

Seperti yang telah kami ulas pada alasan sebelumnya untuk laptop lambat, jangan lupa untuk menonaktifkan fungsi pemindaian otomatis sehingga perangkat lunak antivirus Anda tidak akan berjalan di latar belakang!

6. Copot program yang tidak perlu


Melalui penggunaan laptop, Anda pasti sudah menginstal banyak program, kan? Bahkan, banyak dari program ini yang jarang digunakan.

Agar laptop berfungsi optimal, hapus instalan perangkat lunak yang tidak perlu.

Di sini Anda dapat menggunakan menu Windows default di Pengaturan atau menggunakan uninstaller, seperti CCleaner dan lainnya.

7. Gunakan perangkat lunak dari versi sebelumnya


Anda tidak perlu gengsi untuk menggunakan perangkat lunak lama! Karena pembaruan perangkat lunak terbaru, meskipun menawarkan banyak fitur, namun tidak semua tepat dan dapat diterapkan pada perangkat Anda.

Sebagai solusinya, Anda dapat menginstal versi perangkat lunak sebelumnya, yang umumnya memiliki fitur dasar yang tidak jauh berbeda dari versi yang diperbarui.

Baca juga: 6 Cara Menghasilkan Uang Ratusan Juta Dari Blog Untuk Pemula

Misalnya, Anda bisa mendapatkan Adobe Photoshop CS2, yang gratis. Di mana untuk mendapatkan versi terbaru Photoshop CC, Anda harus mendaftar dan membayar setiap bulan!

8. Gunakan perangkat lunak untuk mempercepat kinerja


Penggunaan yang tidak benar dapat membuat kinerja laptop Anda lambat dan mengganggu. Untuk mempermudah ini, Anda dapat menginstal program dukungan kinerja, yang juga dikenal sebagai pengoptimal.

Anda dapat mencoba banyak program, seperti CCleaner, Advanced System Care, dan banyak lagi. Fungsionalitas aplikasi sangat mirip.

Program Booster akan ditingkatkan, misalnya, menghapus riwayat browser Anda, menghapus cookie dan cache, menghapus Recycle Bin dan lainnya yang mempengaruhi kinerja laptop Anda.

9. Gunakan sistem operasi desktop yang ringan


Pernahkah Anda jatuh cinta dengan sistem operasi desktop ini?

Meskipun dampak yang sangat mempengaruhi kinerja laptop adalah sistem operasi itu sendiri. Meskipun sangat produktif, tetapi Windows terlalu berat.

Nah, jika Anda menggunakan laptop dengan spesifikasi sederhana, itu ide yang baik untuk pergi ke Linux. Salah satunya adalah sistem operasi tanpa akhir yang dapat Anda gunakan secara gratis!

10. Install Ulang OS Windows


Solusi terakhir untuk menyelesaikan masalah Anda adalah menginstal ulang Windows, geng.

Di sini juga untuk melihat apakah kesalahan disebabkan oleh perangkat lunak atau perangkat keras.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Cara Mengatasi Laptop Lemot Terbaru dan Penyebabnya"

Post a Comment