Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah dan Keutamaannya

Niat Puasa Sunnah Dzulhijjah - Halo idblogschool.com, tepat pada hari ini, jumat (2/8/2019) puasa dzulhijjah sudah bisa untuk dimulai dan dilaksanakan karena hari ini tepat tanggal 1 dzulhijjah 1440H.

Niat Puasa Sunnah Bulan Dzulhijjah

Ada beberapa puasa sunnah yang utama di bulan Dzulhijjah, beberapa diantaranya adalah puasa Arafah dan juga puasa Tarwiyah.

Namun, sebagai seorang muslim juga sangat dianjurkan untuk berpuasa selama sepuluh hari sebelum Idul Adha.

Dan puasa Dzulhijjah menjadi salah satu puasa sunnah yang dianjurkan untuk dikerjakan selama 10 hari menjelang Idul Adha 2019.

Puasa sunnah Dzulhijjah ini dapat dilaksanakan pada tanggal 1 Dzulhijjah hingga 7 Dzulhijjah.

Berdasarkan hadis shahih dari Siti Hafshah r.a. ia berkata, "Ada empat macam yang tidak pernah ditinggalkan oleh Rasulullah SAW yaitu Puasa Asyura (10 Muharram), puasa 10 hari (di bulan Dzulhijjah), puasa 3 hari pada setiap bulan, dan salat dua rakaat sebelum salat subuh.”

Berikut ini niat untuk berpuasa sunnah di bulan dzulhijjah beserta artinya.

Niat Puasa Sunah Bulan Dzulhijjah


"Nawaitu shauma syahri dhilhijjati sunnatan lillahi ta’ala."
Artinya, "Saya niat puasa sunah bulan Dzulhijjah karena Allah Ta'ala."

Keutamaan Puasa Sunnah Dzulhijjah


1 Dzulhijjah: Allah mengampuni Nabi Adam AS di Arafah, maka yang berpuasa pada hari itu akan diampuni dosa-dosanya oleh Allah.

2 Dzulhijjah: Allah mengabulkan doa Nabi Yunus AS dan mengeluarkannya dari perut ikan nun, maka orang yang berpuasa di hari itu sama seperti beribadah dan berpuasa satu tahun tanpa maksiat.

3 Dzulhijjah: Allah mengabulkan doa Nabi Zakariya AS, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dikabulkan doanya.

4 Dzulhijjah: Nabi Isa AS dilahirkan, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dihilangkan kesusahan dan dikumpulkan bersama orang mulia di hari kiamat.

5 Dzulhijjah: Nabi Musa AS dilahirkan dan dimuliakan munajatnya, maka orang yang berpuasa di hari itu akan terlepas dari sifat munafik dan siksa kubur.

6 Dzulhijjah: Allah membukakan pintu kebaikan semua nabi, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dipandang Allah dengan penuh rahmat dan kasih sayang.

7 Dzulhijjah: Pintu neraka jahanam dikunci dan tidak akan dibuka sebelum berakhir pada 10 Dzulhijjah, maka orang yang berpuasa di hari itu akan dihindarkan dari 30 pintu kemelaratan dan kesukaran dan dibukakan 30 pintu kemudahan untuknya.

Selain itu, puasa Arafah dan juga puasa Tarwiyah merupakan ibadah sunnah yang sangat dianjurkan bagi umat Muslim. Karena ada banyak sekali keberhakan didalamnya, diantara lain sebagai berikut:

Bagi mereka yang melakukan puasa , dosa mereka akan dihapuskan setahun yang lalu.

Muslim akan diberkati dalam hidup mereka.

Pada saat yang sama, bagi mereka yang mengerjakan puasa Arafah, dosa-dosa mereka akan dihapuskan setahun yang lalu pula.

Selain itu, Allah subhanallahu wata'ala juga akan melindungi mereka agar tidak melakukan dosa atau maksiat pada tahun yang mendatang.

Itulah mengapa puasa sunah Tarwiyah dan Arafah juga sangat dianjurkan untuk umat Islam.

Salah satu tujuannya adalah agar umat Islam merasakan manfaat yang sama dengan para jama'ah haji.

Nikmat dalam menjalankan puasa Tarwiyah dan Arafah juga setara dengan nikmat orang yang menjalankan ibadah haji.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel