Suka Selfie? Ketahui Dulu Bahaya Upload Foto Selfie

Bahaya Upload Foto Selfie - Apakah Anda termasuk orang yang suka selfie? Jika iya, Anda wajib tahu terlebih dahulu apa saja bahaya dari upload foto selfie yang akan kami bahas kali ini.

Bahaya Upload Foto Selfie
Direktur Eksekutif Perbanas dan Chairman ID-SIRTII, Richardus Eko Indrajit mengatakan' foto tersebut dapat menjadi sebuah "kunci" bagi para penjahat siber. Apalagi jika kamera yang digunakan memiliki resolusi tinggi.

Dengan menggunakan kamera yang beresolusi tinggi, tentu akan menghasilkan foto yang lebih baik dan jernih. Dengan begitu retina mata Anda akan mudah terbaca.

Jika pada suatu keadaan ada security yang menggunakan retina mata, tentu penjahat siber ini bisa menggunakan foto Anda untuk membuka security tersebut.

Baca juga: Cara Menemukan Hp Lupa Taruh dengan Tepuk Tangan

Seperti yang disebutkan sebelumnya, dengan kamera yang beresolusi tinggi akan lebih menghasilkan foto yang lebih tajam dan akan lebih mudah untuk dideteksi.

Hanya dengan memperbesar foto tersebut pada bagian-bagian seperti retina mata dan sidik jari sudah bisa didapatkan.

Seperti yang kita ketahui bersama, beberapa orang gemar mengacungkan jempolnya saat berfoto. Dengan resolusi gambar yang tinggi, hal ini bisa disalah gunakan oleh penjahat siber.

Lebih lanjut, ia menjelaskan, bahwa ada etika saat berfoto dengan orang lain harus ditanyakan terlebih dulu boleh diunggah memposting atau tidak. Setiap individu memiliki hak untuk menyatakan keberatannya.

Selain itu, ada beberapa orang yang tidak bertanggung jawab yang menggunakan foto orang lain untuk melakukan tindakan penipuan.

Kejadian seperti ini tidak sekali dua kali terjadi, tapi sangat sering dijumpai di media sosial. Bahkan sekelas artis pun pernah mengalami hal seperti ini.

Baca juga: Cara Mendapatkan Endorse di Instagram

Salah satu pengguna twitter @abdulmuhajir juga mengunggapkan ketakutannya ketika ingin upload foto pribadinya di media sosial. Apakah Anda pernah merasakan hal yang sama?


Tulisan ini tidak bermaksud untuk melarang Anda untuk membagikan moment bahagia atau foto selfie Anda di media sosial. Namun, hanya sebagai peringatan bahwa foto Anda juga dapat disalah gunakan oleh orang lain.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel