Waspada Aplikasi yang Terkena Virus Joker, Bisa Menguras Uangmu!


Aplikasi yang Terkena Virus Joker - Sudahkah Anda menonton film Joker yang diputar di bioskop? Film ini dianggap memberikan cerita yang menarik dengan nuansa kelam dan dapat memicu depresi.

Aplikasi yang Terkena Virus Joker
Ya, ternyata tanpa sepengetahuan kita, sudah ada virus di sekitar kita yang disebut Joker dan bisa membuat kita kehilangan banyak hal, salah satunya adalah uang.

Tapi tenang, kami akan memberi tahu Anda tentang virus Joker dan aplikasi apa saja yang telah terinfeksi virus ini!

Apa Itu Virus Joker?

Mungkin karena terinspirasi oleh karakter Joker yang dilebih-lebihkan, ada seseorang atau sekelompok orang yang menciptakan virus bernama Joker.

Baca juga: Cara Merubah Font Instagram untuk Caption dan Story

Nama itu sendiri berasal dari server kontrol malware (C&C). Virus Joker telah muncul sejak Juni tahun ini.

Aplikasi yang membawa virus ini telah diunduh hampir 500 ribu kali, sehingga masih memungkinkan untuk dihantui oleh ancaman setiap saat.

Virus Joker telah terlihat di 37 negara, termasuk Indonesia. Negara-negara lain termasuk Australia, Cina, Malaysia, Singapura, Inggris, Amerika Serikat, Uni Emirat Arab, dan Qatar.

Bagaimana Cara Kerja Virus Joker

Virus ini pertama kali terdeteksi oleh analis malware dari Canadian Security Intelligence Service (CSIS) yang disebut Aleksejs Kuprins.

Menurutnya, virus akan secara otomatis berinteraksi dengan situs iklan yang mensimulasikan klik dan memasukkan kode otorisasi untuk mendaftar ke layanan premium.

Caranya adalah virus ini dapat memasukkan kode verifikasi yang biasanya dikirim melalui SMS. Setelah itu, virus Joker akan memasukkan kode dan mengesahkan langganan.

Baca juga: Aplikasi Untuk Mengubah Suara di Android dengan Mudah

Misalnya, Anda tidak berlangganan apa-apa, tapi tiba-tiba Anda mendapatkan pesan bahwa Anda berlangganan sebuah layanan dan harus membayar biaya sekian untuk setiap bulannya. Padahal Anda tidak pernah melakukannya.

Selain itu, Aleksejs Kuprins juga mengatakan bahwa beberapa komentar tentang kode bot ditulis dalam bahasa Cina, jadi itu bisa menjadi salah satu petunjuk darimana virus tersebut berasal.

Apa Risiko Virus Joker?

Ada banyak bahaya yang bisa menghantam Anda secara tiba-tiba dan membuat Anda miskin dan tertekan karena kehilangan uang Anda.

Malware berbahaya ini dapat secara diam-diam mendaftarkan orang ke layanan berlangganan premium yang notabene tidak didapat secara gratis.

Ini berbahaya jika Anda menghubungkan ponsel cerdas Anda ke kartu kredit. Karena itu, Anda harus mencoba memeriksa tagihan kartu kredit Anda untuk memastikan bahwa ponsel Anda tidak terinfeksi virus Joker.

Jika sudah terdaftar, dana Anda akan ditransfer secara otomatis. Jika Anda tidak segera menghentikannya, Anda mungkin kehabisan uang dan membuat Anda kehilangan banyak sekali uang.

Tidak hanya itu, virus ini juga dapat mencuri pesan SMS dan daftar kontak, yang digunakan untuk mengumpulkan informasi dari perangkat Anda, seperti nomor seri dan IMEI.

Daftar Aplikasi yang Terjangkit Virus Joker

Berikut ini daftar aplikasi apa saja yang telah positif terjangkit virus joker. Semoga tidak terinstall di ponsel Anda.

  1. Advocate Wallpaper
  2. Age Face
  3. Altar Message
  4. Antivirus Security - Security Scan
  5. Beach Camera
  6. Board picture editing
  7. Certain Wallpaper
  8. Climate SMS
  9. Collate Face Scanner
  10. Cute Camera
  11. Dazzle Wallpaper
  12. Declare Message
  13. Display Camera
  14. Great VPN
  15. Humour Camera
  16. Ignite Clean
  17. Leaf Face Scanner
  18. Mini Camera
  19. Print Plant scan
  20. Rapid Face Scanner
  21. Reward Clean
  22. Ruddy SMS
  23. Soby Camera
  24. Spark Wallpaper

Untungnya, Google telah menghapus semua aplikasi ini dari Play Store. Namun, ada kemungkinan Anda telah install aplikasi ini dari sumber lain.

Baca juga: Cara Menghindari Smartphone dari Serangan Hacker

Jika Anda sudah menginstal aplikasi tersebut sebelumnya, sangat direkomendasikan untuk segera membatalkan layanan berlangganan agar Anda tidak kehabisan uang.

Anda juga harus menghapus aplikasi tersebut dan melakukan reset ke setelan pabrik. Jangan lupa untuk memeriksa akun Google Play Anda juga.

Untuk menghindari terulangnya kejadian yang sama, sebaiknya Anda install aplikasi dari sumber yang terpercaya seperti Playstore. Dan jangan lupa untuk install aplikasi anti-virus tepercaya untuk Android.

Penutup


Tidak ada yang aman didunia Internet atau digital seperti saat ini. Jadi Anda harus lebih waspada terhadap apa yang Anda install.

Bisa saja aplikasi yang Anda install terdapat virus-virus berbahaya.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Waspada Aplikasi yang Terkena Virus Joker, Bisa Menguras Uangmu!"

Post a Comment