Efek Samping Dark Mode, Apakah Kamu Merasakannya?

Efek Samping Dark Mode - Mode Gelap atau dark mode sekarang menjadi salah satu fitur paling populer yang diadopsi oleh banyak sistem operasi ponsel cerdas seperti Android dan iOS.

Efek Samping Dark Mode

Ini tidak hanya mampu memberikan tampilan yang gaya, tetapi fungsi dari dark mode atau mode gelap semakin dibutuhkan karena diyakini dapat menghemat daya baterai di smartphone.

Selain itu, fungsi dark mode tetap baik untuk kesehatan mata pengguna.

Namun, berbanding terbalik dengan itu, berita lain mengklaim bahwa fitur ini sudah memiliki bahaya serius bagi mata. Mungkin Anda belum tahu ya?

Efek Samping Dark Mode yang Jarang Diketahui

FItur dark mode ini telah menarik banyak orang sejak diluncurkan, dan telah membuat banyak pengembang aplikasi terlibat dalam melihat fitur ini.

Baca juga: Cara Mengatasi Instagram Tidak Bisa Dark Mode

Salah satu aplikasi yang juga mengembangkan fitur dark mode baru-baru ini adalah Instagram.

Meskipun ini adalah salah satu fitur umum saat ini, situasi gelap tidak luput dari risiko yang ada didalamnya.

Ini adalah beberapa risiko kesehatan yang timbul dari menggunakan fitur dark mode.

1. Menyulitkan Penderita Astigmatisme


Bagi kamu yang penderita Astigmatisme atau lebih dikenal dengan mata silinder, sebaiknya tidak menggunakan fitur dark mode ini. Sehingga Anda tidak perlu merasakan efek samping dark mode ini.

Menurut American Optometric Assiciation, penderita mata silinder itu sangat sering terjadi sehingga bukan sesuatu yang baru lagi, bahkan sebanyak 30% manusia yang ada dibumi ini memiliki mata silinder.

Astigmatisme menyebabkan pasien mengalami penglihatan kabur, baik jangka pendek maupun panjang.

Sekitar 50% penderita astigmatisme kesulitan membaca teks putih dengan latar belakang hitam dibandingkan dengan sebaliknya.

Hal ini terkait erat dengan tingkat perolehan cahaya karena latar belakang hitam membuka mata iris mata lebih luas untuk menerima banyak cahaya.

Baca juga: Aplikasi untuk Membuat Podcast di Android dengan Mudah

Oleh karena itu, menggunakan fungsi mode gelap atau dark mode bagi mereka yang menderita astigmatisme akan menyulitkan mereka untuk membaca teks yang cerah pada latar belakang yang gelap.

2. Iris Mata Akan Bekerja Lebih Keras


Pada dasarnya, teks hitam dengan latar belakang putih sangat sempurna karena dapat membuat tulisan lebih mudah dibaca.

Ini juga bertujuan untuk membuat iris bekerja lebih efektif karena tidak perlu terbuka untuk menyerap lebih banyak cahaya.

Karena iris tidak sepenuhnya terbuka ketika melihat layar putih, maka pupil mata tepat menyempit sehingga Anda dapat lebih fokus ketika membaca teks.

Sebaliknya, fungsi mode gelap justru lebih banyak membuka iris mata sehingga dapat menyerap lebih banyak cahaya.

Efeknya, iris akan bekerja lebih banyak sehingga otot-otot mata cepat lelah.

Baca juga: Ketahui Bahaya Selfie Sebelum Anda Share di Medsos

Tidak jarang bahwa fungsi mode gelap juga menyebabkan efek halation/seret karena tepi teks dicampur dengan latar belakang, sehingga akan sulit untuk dibaca.

3. Membuat Anda Lebih Peka Terhadap Cahaya Terang


Meskipun menawarkan sejumlah manfaat menarik, menggunakan fungsi mode gelap untuk jangka waktu lama membuat pengguna lebih sensitif terhadap cahaya terang lho.

Itu karena mata Anda terbiasa kurang cahaya, jadi ketika Anda melihat layar yang cerah mata Anda akan terasa tidak nyaman.

Situasi ini sangat mirip ketika Anda tidur di ruangan gelap dan tiba-tiba seseorang membuka jendela dan sinar matahari seperti langsung masuk ke mata Anda.

Apakah Dark Mode Terlalu Berbahaya?


Tidak juga, soalnya kondisi ini bukanlah suatu kondisi yang permanen, jadi Anda tetap akan pulih seperti sedia kala jika Anda menggunakan background berwarna putih kembali.

Baca juga: Cara Mengatasi Laptop Lemot dengan Mudah

Penutup


Itulah dia beberapa efek samping dark mode yang jarang diketahui, semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa di share ke teman-teman Anda agar dapat memberikan lebih banyak manfaat.

Berlangganan update artikel terbaru via email:

0 Response to "Efek Samping Dark Mode, Apakah Kamu Merasakannya?"

Post a Comment