Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti HP Android? Ini Tandanya

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti HP Android? - Saat Anda membeli handphone baru, Anda pasti akan berpikiran bahwa handphone Anda bisa bertahan lama. Namun, secara umum, gadget Anda dapat bertahan selama beberapa tahun.
Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti HP Android

Saat Anda membeli handphone baru, Anda pasti akan berpikiran handphone yang Anda beli sudah cukup canggih dan dapat digunakan untuk jangka panjang.

Namun, secara umum, gadget Anda hanya dapat bertahan selama beberapa tahun. Pada waktunya, Anda mulai tidak tertarik dengan handphone Anda.

Baca juga: Daftar HP dengan Snapdragon 865 yang Akan Rilis Tahun Ini

Salah satu alasannya mungkin saja karena bosan atau handphone Anda sudah mengalami penurunan kinerja sehingga tidak mampu untuk menunjang kebutuhan Anda.

Akhirnya berpikiran untuk mengganti gadget Anda ke versi terbaru. Lalu kapan waktu yang tepat untuk mengganti hp Android Anda? berikut ini tandanya.

Kapan Waktu yang Tepat untuk Ganti HP Android?


1. Baterai habis dengan cepat


Semakin banyak digunakan, semakin cepat baterai ponsel akan habis. Ini karena kualitas komponen kimia dalam baterai menurun.

Setelah ratusan siklus pengisian (satu atau dua tahun), kapasitasnya akan berkurang setidaknya seperlima.

Jika ini adalah masalah yang Anda hadapi, Anda harus beralih ke ponsel dengan kemampuan baterai yang lebih baik.

2. Kinerja melambat


Saat Anda menggunakan ponsel untuk waktu yang lama, Anda akan merasa performa melambat. Terlebih saat digunakan untuk mengakses aplikasi berat seperti game, media sosial, dan lainnya. Tentu saja, ini sangat menyebalkan, bukan?

Ada beberapa alasan mengapa ponsel lambat, salah satunya adalah usia atau penggunaan yang lama. Selain itu, aplikasi yang Anda instal dan pembaruan perangkat lunak membuatnya lebih lambat.

3. Sistem operasi belum diperbarui


Android meluncurkan sistem operasi baru setidaknya setahun sekali. Jika Anda menggunakan sistem operasi yang jauh dari versi terbaru, Anda harus beralih ke ponsel yang lebih baru.

Selain tidak bisa memutakhirkan ke sistem operasi terbaru, Anda akan merasakan kerugian lain. Seperti akan sulit untuk memperbarui aplikasi karena sistem operasi yang terinstal bukan yang terbaru atau kompatibel dengan aplikasinya.

4. Aplikasi baru tidak dapat dijalankan dengan baik


Teknologi terus berkembang setiap hari, tetapi ponsel Anda akan tetap sama. Inilah mengapa aplikasi baru terkadang tidak cocok dengan ponsel Anda.

Baca juga: Efek Samping Dark Mode, Apakah Kamu Merasakannya?

Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan menginstal aplikasi yang baru diluncurkan. Jika masih kompatibel, Anda masih dapat menggunakan ponsel Anda.

Namun jika banyak aplikasi yang sudah tidak kompatibel, maka ini adalah waktu yang tepat untuk mulai mengganti handphone Anda.

5. Aplikasi sering crash


Tidak ada ponsel yang sempurna, sehingga tak jarang aplikasi tidak bisa berjalan dengan semestinya. Alasannya tidak selalu perangkat, mungkin juga karena aplikasi yang tidak kompatibel dengan OS Anda.

Akhirnya, hampir setiap kali Anda masuk, aplikasi akan keluar dengan sendirinya (crash).

6. Kerusakan pada telepon


Walaupun Anda termasuk orang yang rapi dalam menggunakan handphone, namun kerusakan pada telepon bukan hal yang tidak dihindari. Kasus paling sering adalah handphone terjatuh, memecahkan layar atau bahkan kemasukan air.

Jika ponsel Anda benar-benar rusak dan tidak dapat berfungsi dengan baik, silakan ganti.

7. Kualitas kamera buruk


Sekarang semua verndor handphone berlomba untuk menghasilkan kamera yang bagus. Tetapi sekali lagi, kamera ponsel tidak dapat diperbarui.

Baca juga: Cara Mencari HP yang Hilang dengan Tepuk Tangan

Jika Anda menganggap foto-foto itu penting dan kamera ponsel Anda mungkin tidak dapat membantu Anda, opsi terbaik adalah menggantinya dengan kualitas yang lebih baik.

Penutup


Itulah dia beberapa hal yang harus Anda ketahui seputar kapan waktu yang tepat untuk ganti hp Android Anda.

Ponsel tidak bisa hidup selamanya. Ada komponen yang berkurang kinerjanya seiring waktu. Anda dapat menganti ponsel ketika Anda merasa membutuhkannya.

Related Posts

Berlangganan Artikel Terbaru: