Tips Cara Membuat Video YouTube untuk Pemula

Ingin mempelajari cara menjadi seorang YouTuber? Anda dapat mencoba membuat video dan mengunggahnya ke YouTube. Berikut cara membuat video YouTube berkualitas tinggi untuk pemula.

Tips Cara Membuat Video YouTube untuk Pemula

YouTube adalah situs berbagi video yang dibuat sejak Februari 2005. Sebelum membuat video untuk diunggah ke YouTube, Anda harus terlebih dahulu memiliki akun YouTube.

Untuk membuat akun YouTube, Anda harus masuk dengan nama pengguna dan kata sandi Akun Google Anda. Selanjutnya, buka situs YouTube dan klik Masuk di sudut kanan atas.

Setelah itu masukkan akun Google Anda dan Anda akan secara otomatis dapat mengakses akun YouTube. Namun, akun YouTube dan Channel YouTube adalah 2 hal yang berbeda.

Perbedaan Akun dan Channel YouTube


Secara sederhana akun YouTube adalah sebuah akun yang digunakan untuk menjadi admin untuk channel YouTube.  Admin ini dapat login, merubah data (Nama channel, deskripsi,dll).

Baca juga: Alat Untuk Menjadi Youtuber Pemula Murah dan Alternatifnya

Sedangkan Channel YouTube adalah sebuah wadah atau saluran yang digunakan untuk menyimpan video yang di upload oleh admin (Akun). Kurang lebih penjelasannya seperti itu.

Tips Cara Membuat Video YouTube untuk Pemula


Setelah Anda login, sekarang Anda dapat mulai untuk membuat channel YouTube dengan klik "My Channel/Channel Anda" di pojok kanan atas yang berupa foto profil di akun Google.

Untuk meningkatkan saluran YouTube Anda, tambahkan foto profil dengan deskripsi. Setelah semua selesai, Anda sudah bisa mulai untuk upload video pertama Anda.

Berikut ini kiat-kiat tentang cara membuat video YouTube berkualitas tinggi untuk pemula.

1. Ide yang Orisinal


Pastikan Anda memiliki karya orisinal. Jangan ikuti tindakan orang lain apalagi menyalinnya. Yang paling penting adalah menjadi diri sendiri sehingga menghasilkan karya yang unik dan menarik.

Namun, Anda juga tetap bisa membuat video dengan mengikuti konsep orang lain, tapi Anda bawakan dengan ciri khas atau gaya Anda sendiri. Hasilnya tentu saja akan beda dengan jiplak.

2. Konten yang Anda Minat


Setelah itu, Anda dapat menyiapkan konten yang akan Anda buat. Berikut adalah berbagai jenis konten yang dapat Anda ikuti: konten kecantikan, gaya hidup, permainan, hiburan, olahraga, dan traveling.

Pilih konten sesuai dengan keinginan dan minat Anda sehingga pekerjaan Anda dapat dikerjakan lebih mudah, menyenangkan dan tentu saja dapat menginspirasi audiens Anda.

3. Ikuti Perkembangan Tren


Sebagai pengguna YouTube, Anda harus selalu mengetahui tren sedang viral saat ini. Dari jenis video yang dibahas, cara mengedit, hingga hal-hal yang penting sekarang.

Dengan membuat konten video yang selalu mengikuti tren, jumlah pelanggan/subscriber akan meningkat.

Baca juga: Cara Membuat Intro Youtube Online Tanpa Watermark

Hal-hal yang dapat Anda lakukan untuk meningkatkan jumlah penayangan adalah dengan membuat video YouTube Anda sendiri bekerja sama dengan teman, selebritas, atau bahkan artis.

4. Berikan Prioritas Pada Nilai-Nilai Positif


Kunci utama kesuksesan video dapat dilihat dari nilai (likes) yang diberikan oleh audiens. Jika nilainya positif dan bermanfaat, pemirsa akan secara otomatis membagikan tautan video.

Komentar yang masuk juga akan lebih positif. Namun, tidak menutup kemungkinan ada saja orang-orang yang tetap melakukan cyberbullying, jangan hiraukan itu, terus maju.

5. Gunakan kamera video berkualitas tinggi


Pada prinsipnya, cara membuat video YouTube di ponsel atau kamera video memiliki perbedaan kualitas yang dihasilkan. Namun, jika ponsel cerdas Anda memiliki kamera yang bagus, ini bukan hal perlu Anda ikuti.

Gunakan apa yang bisa Anda pakai untuk membuat video Anda.

Penutup


Itulah dia bagaimana tips cara membuat video YouTube untuk pemula. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa share artikel ini.

Related Posts

Berlangganan Artikel Terbaru: