Pengertian Passion dan Dampak Positifnya untuk Karir Anda

Passion merupakan kecenderungan kuat terhadap aktivitas yang disukai, dimana mereka memberikan waktu dan tenaga yang dimiliki untuk aktivitas tersebut.

apa itu passion

Seseorang akan menjadi passionate terhadap aktivitas tertentu melalui dua proses penting yaitu penilaian terhadap aktivitas dan internalisasi pada representasi aktivitas dalam aspek inti dari diri seseorang yaitu identitas seseorang.

Sebagian besar aktivitas memiliki potensi untuk menjadi harmonious passion atau obsessive passion. Misalnya, sebagian besar tipe pekerjaan melibatkan setidaknya beberapa unsur ketertarikan.

Pengaruh Positif Terhadap pekerjaan


Sejauh minat terhadap pekerjaan tidak berlangsung singkat, tetap kuat, dan pekerjaan tersebut dirasa penting oleh individu, maka pekerjaan akan berubah menjadi passion.

Passion adalah keinginan yang membara, keyakinan kuat dan dorongan yang membuat orang berdisiplin untuk mencapai visinya. Mimpi seseorang bisa terealisasi bila ia memiliki hasrat passion dan niat untuk mewujudkannya.

  1. Lima dimensi konstruk passion:
  2. keterkaitan bermakna (meaningful connection)
  3. dorongan internal (internal drive)
  4. larut dalam pekerjaan (work absorption)
  5. rasa riang (joy)
  6. perasaan memiliki energi (subjective vitality)

Tiga yang pertama merupakan komponen kognitif dan dua yang terakhir adalah komponen emosionil. Ketika mengalami passion, orang menganggap ada hubungan yang bermakna antara dirinya dengan pekerjaan dan jati dirinya. Mereka juga merasakan adanya dorongan dan ketertarikan atas pekerjaan mereka.

Dengan demikian passion adalah kondisi psikologis yang dicirikan oleh hadirnya emosi positif yang kuat, dorongan internal dan keterlibatan yang tinggi dengan aktivitas pekerjaan yang dianggap bermakna.

Ketahui informasi lebih lanjut seputar passion di "Apa itu Passion dan Bagaimana Cara Menemukannya".

Dengan demikian mereka mengerjakan sesuatu yang relevan dengan hobinya dan biasanya mereka akan bekerja secara serius, keras, aktif sekaligus menikmati.

Membangkitkan Potensi Diri


Potensi dapat diartikan sebagai kemampuan dasar dari sesuatu yang masih terpendam di dalamnya yang menunggu diwujudkan menjadi suatu kekuatan nyata dalam diri sesuatu tersebut.

Dengan demikian potensi diri manusia adalah kemampuan dasar yang dimiliki manusia yang
masih terpendam di dalam dirinya yang menunggu untuk diwujudkan menjadi suatu manfaat nyata dalam kehidupan diri manusia.

Potensi bisa disebut sebagai kekuatan, energi atau kemampuan yang terpendam yang dimiliki dan belum dimanfaatkan secara optimal.

Potensi diri yang dimaksud disini suatu kekuatan yang masih terpendam yang berupa fisik, karakter, minat, bakat, kecerdasan dan nilai nilai yang terkandung dalam diri tetapi belum dimanfaatkan dan diolah. Sedangkan menurut

Potensi diri adalah kemampuan dan kekuatan yang dimiliki oleh seseorang baik fisik maupun mental dan mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan bila dilatih dengan sarana yang baik. Sedangkan diri adalah seperangkat proses atau ciri ciri proses fisik, perilaku dan psikologis yang dimiliki.

Dari pengertian diatas dapat disimpulkan bahwa potensi diri adalah kemampuan dasar yang dimiliki oleh seseorang yang masih terpendam dan mempunyai kemungkinan untuk dikembangkan jika didukung dengan latihan dan sarana yang memadai.

Proses adaptasi maupun penyesuaian potensi diri ini sangat penting dan berpengaruh terhadap optimalisasi potensi seseorang untuk melakukan pekerjaan dan mencapai performansi yang berhasil (sukses), maka sejauh mana karyawan mengenali potensi dirinya dan siap mengembangkan potensi akan menjadi sangat penting.

Penutup

Itulah dia pengertian apa itu passion dan dampak positifnya untuk karir Anda. Jika Anda suka dengan artikel ini silahkan di share agar lebih banyak lagi orang-orang yang sadar akan passion mereka.

Related Posts

Berlangganan Artikel Terbaru: