Tips Dalam Menjaga Kesehatan Anak agar Tumbuh Kembangnya Maksimal

Kesehatan merupakan aset paling berharga bagi seluruh umat manusia, terlebih lagi bagi buah hati Anda. Pada usia kanak-kanak, mereka lebih aktif dan expresif dalam mempelajari berbagai macam hal yang ada disekitarnya.

Tidak perduli anak-anak bermain didalam ataupun diluar ruangan, ancaman kesehatan tetap sama. Sebagai orang tua, rasa khawatir terhadap kesehatan anak pasti selalu muncul.

Namun, melarang anak-anak Anda bermain bukanlah solusi yang tepat untuk menjaga kesehatan mereka. Selain dapat membuat mereka menangis, Anda juga membatasi kreativitas mereka.

Lalu, apa tips atau cara yang tepat untuk menjaga kesehatan anak yang dapat Anda lakukan? Simak dibawah ini!

Tips Dalam Menjaga Kesehatan Anak

Menjaga kesehatan anak sangat penting untuk proses tumbuh kembangnya yang optimal. Agar si kecil selalu sehat, Anda bisa mempraktikkan beberapa tips praktis agar buat hati tetap sehat:

1. Memberikan Asupan yang Bergizi

Tips pertama yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan anak adalah dengan memberikan asupan yang bergizi untuk buat hati Anda.

Anda bisa menghidangkan makanan dengan nutrisi yang tepat pada menu utama ataupun camilan mereka. Dengan asupan gizi yang baik, selain menjaga kesehatan anak, juga dapat membantu tumbuh kembangnya.

Anda juga harus memberikan pengertian bahwa "Jangan terlalu sering jajan diluar rumah". Tidak perlu melarang 100%, cukup batasi saja frekuensi anak jajan diluar rumah.

Salah satu cara agar anak-anak tidak tertarik untuk jajan diluar adalah dengan membuat makanan utama atau camilan sendiri.

2. Rajin Mencuci Tangan

Asupan yang bergizi saja tidak cukup untuk menjaga anak Anda dari masalah kesehatan. Asupan juga harus ditopang dengan pola hidup yang bersih, baik makanan ataupun lingkungan.

Kita tidak tahu apa yang mereka lakukan saat bermain diluar, apakah ia memegang benda-benda yang kotor, keringat, dan sebagainya. Sehingga mengajarkan cuci tangan adalah langkah yang patut di aplikasikan.

Anda bisa mencontohkan untuk mencuci tangan menggunakan sabun setelah bermain, mencuci tangan sebelum dan sesudah makan, mencuci tangan dan kaki sebelum tidur, dan sebagainya.

3. Mengurangi Penggunaan Gadget

Saat ini, banyak sekali orang tua yang memberikan gadget pada anaknya dengan tujuan agar tidak rewel. Padahal, cara ini kurang tepat karena dapat membuat anak-anak menjadi pasif (Malas gerak).

Selain itu, penggunaan gadget yang berlebihan juga akan berdampak buruk pada kesehatan anak, khususnya bagian mata. Dengan durasi penggunaan yang berlebihan dapat membuat mata anak menjadi minus.

Tidak masalah jika Anda memberikan gadget pada anak, namun Anda harus memberikan batasan waktu penggunaan. Hal ini dimaksudkan agar anak-anak bisa aktif bermain dan bergerak.

Agar anak Anda mau menurut, sebagai orang tua haruslah memberikan contoh. Jika Anda melarang anak Anda bermain gadget, tapi Anda sendiri melakukannya maka anak akan mencontohnya.

4. Istirahat yang Cukup

Baik anak-anak ataupun orang dewasa butuh istirahat yang cukup dam bekualitas. Hanya saja anak-anak membutuhkan waktu tidur yang lebih banyak daripada orang dewasa.

Jika orang dewasa membutuhkan 7-8 jam tidur perhari, maka anak-anak usia 4-6 tahun membutuhkan waktu tidur yang jauh lebih lama yaitu 11 sampai 13 jam perhari. 

Durasi tidur yang cukup sangat penting bagi tumbuh kembang dan juga kesehatan anak. Selain baik untuk fisik dan emosi anak, tidur cukup juga akan membantu pertumbuhan otot, tulang, dan imunitas anak.

5. Kebersihan Lingkungan

Lingkungan yang kotor atau tidak higienis adalah sarang virus dan bakteri yang dapat mengancam kesehatan anak. Lingkungan disini bukan hanya diluar ruangan saja, tapi juga didalam ruangan.

Misalnya saja kebersihan rumah, kebersihan kamar, sampai dengan kebersihan tempat tidur anak.

Lingkungan pertemanan si anak juga perlu diperhatikan, karena bisa saja anak Anda tertular virus oleh teman bermain mereka yang mungkin sedang pilek, batuk, dan sebagainya.

Apa yang Harus Dilakukan Jika Anak Sakit?

Walaupun kita sudah menjaga kebersihan, makan makanan bergizi, dan sebagainya, tetap saja ada kemungkinan anak akan terjangkit virus seperti demam, batuk, pilek, dll.

Jika anak Anda sakit, jangan panik dan khawatir berlebihan. Misalnya anak Anda demam, berikan obat demam yang bisa Anda dapatkan di apotek terdekat.

Setelah rutin meminum obat dalam 3 hari belum ada perubahan, sebaiknya Anda membawanya ke rumah sakit terdekat untuk check up.

Jika Anda tinggal di daerah Palmerah, Jakarta Barat, Anda bisa membawa anak Anda ke Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita atau biasa disebut RS Harapan Kita.

RSAB Harapan Kita menjadi pilihan utama yang tepat untuk Anda, karena mereka miliki Motto "FACT" yang berarti:

  • Fast: Cepat Dalam Memberikan Pelayanan
  • Accurate: Tepat Waktu, Tepat Sasaran, Sesuai dengan Prosedur, Taat Aturan
  • Convenient and safe: Nyaman dan Aman dalam Mendapatkan Pelayanan Kesehatan
  • Team Work: Pelayanan Diberikan Secara Terpadu antar Profesi Untuk Mencapai Total Quality Management

Bagaimana jika saya berada di daerah yang lain?

Bagi Anda yang berada di kota atau daerah yang lain, Anda bisa manfaatkan fitur dari Halodoc.com untuk mencari rumah sakit dan buat janji dengan langkah yang sangat mudah.

Selain memudahkan mencari rumah sakit, Anda juga dapat melakukan pendaftaran secara online, memilih dokter, dan juga jadwal konsultasi yang Anda inginkan.

Anda tidak perlu lagi mengantri berjam-jam untuk konsultasi dengan dokter, setelah Anda daftar online, begitu datang ke rumah sakit Anda sudah bisa langsung melakukan konsultasi.

Penutup

Itulah dia beberapa tips dalam menjaga keseatan anak yang dapat Anda terapkan. Semoga dapat bermanfaat dan jangan lupa bagikan artikel ini agar lebih banyak lagi yang mengetahuinya.

Related Posts

Berlangganan Artikel Terbaru: