Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca dengan Mudah

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terbaca - Mungkin Anda pernah kesal karena disaat genting ingin melakukan copy file dari flashdisk atau sebaliknya tapi malah tidak bisa. Ada banyak faktor mengapa itu bisa terjadi.

Cara Mengatasi Flashdisk yang Tidak Terbaca

Paling umum adalah karena flashdisknya rusak atau bahkan komputer atau laptop Anda terjangkit virus. Penyebab ini mesti Anda ketahui agar dapat menentukan langkah yang tepat.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Dark Mode di WhatsApp dengan Mudah

Berikut ini kami berikan beberapa penyebab dan cara memperbaiki flashdisk yang tidak dapat terdeksi di komputer Anda.

Penyebab Flashdisk Tidak Terdeteksi dan Terbaca

Port USB Kotor

Jika Anda jarang membersihkan komputer Anda, kemungkinan besar flashdisk tidak terbaca karena faktor port USB Anda kotor. Biasanya disebabkan karena debu yang menumpuk.

Untuk penggunaan komputer, biasanya disebabkan karena jarang membersihkan meja komputer, tempat CPU, dan bagian lainnya sehingga debu dan kotoran menumpuk.

Bagi pengguna laptop, biasanya disebabkan karena menggunakan laptop ditempat yang berdebu. Selain itu, merokok didekat laptop juga menyebabkan debu yang menumpuk.

Flashdisk yang Rusak

Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika flashdisk tidak terdeteksi kemungkinan lainnya adalah flashdisk memang sudah rusak sehingga tidak dapat terbaca oleh komputer Anda.

Solusi dari pemecahan masalah ini ya hanya satu, yaitu ganti baru. Dan biasakan juga untuk melakukan backup pada file penting Anda. Bisa gunakan google drive ataupun flashdisk cadangan.

Flashdisk atau Komputer Terkena Virus

Jika Anda merasa bahwa flashdisk Anda tidak rusak, kemungkinan lainnya adalah flashdisk atau komputer Anda terjangkit virus. Biasanya disebabkan karena kebiasaan penggunaan yang salah.

Baca juga: Aplikasi Edit Foto Menjadi Anime dengan Mudah

Maksudnya seperti "Asal colok sana sini" sehingga tidak tahu apakah komputer yang digunakan itu terdapat virus atau tidak. Cara mengatasinya, bersihkan virus dari flashdisk Anda.

Cara Mengatasi Flashdisk Tidak Terdeteksi

Ketika Anda sudah mengetahui penyebab kenapa flashdisk Anda tidak terdeteksi atau terbaca. Anda bisa mengambil langkah yang tepat untuk menanganinya dibawah ini.

Membersihkan Port USB

Untuk mengatasinya, Anda bisa membersihkan port USB Anda terlebih dahulu sebelum digunakan. Caranya bisa dengan meniupkan udara berkompresi dengan hati-hati.

Jangan asal semprot, karena dapat berakibat hancurnya bagian-bagian penting didalam port USB. Setelah itu siapkan cutton but yang sudah dicelupkan ke alkohol dan usap perlahan.

Melakukan Scaning dan Cleaning

Jika Anda mengetahui bahwa flashdisk atau komputer Anda terjangkit virus, cara terbaik yang bisa Anda lakukan adalah melakukan scaning dan pembersihan pada flashdisk Anda.

Jika flashdisk sudah bersih dari virus, Anda bisa melakukan percobaan kembali apakah sudah berfungsi dengan baik atau belum.

Agar tidak terulang kembali, sebaiknya hindari asal colok flashdisk pada komputer yang tidak jelas isinya apa.

Ganti Flashdisk Baru

Jika kedua cara diatas tidak bekerja dengan baik, Anda sebaiknya mengganti flashdisk baru dan berhati-hati dalam penggunaannya agar kejadian tidak terulang kembali.

Baca juga: Tips  Edit Foto dengan VSCO Cam

Anda juga sebaiknya menyiapkan USB cadangan yang digunakan sebagai tempat backup file penting agar tidak hilang. Anda juga bisa manfaatkan penyimpanan online seperti gdrive, dropbox, dll.

Penutup

Itulah dia beberapa cara mengatasi flashdisk yang tidak terbaca atau terdeteksi yang dapat Anda coba terapka. Semoga artikel ini bermanfaat dan share ini jika Anda terbantu.

Related Posts

Berlangganan Artikel Terbaru: